Bongpay Adalah Bagian Terpenting Dari Makam Tradisional China

BONGPAY ADALAH BAGIAN TERPENTING DARI MAKAM TRADISIONAL TIONGHUA

Pertanyaannya, kok beli oleh-oleh di Pasar Bong? Kok bukan di Makkah? Ternyata, di Pasar Bong ini menjual dan menyimpan berbagai souvenir khas haji. Baca juga: Jalan-Jalan ke Tulungagung, Jangan Lewatkan 5 Tempat Wisata Ini! Beberapa penjual di Pasar Bong menyebut, jemaah agar lebih khusuk saat beribadah di Makkah tanpa memikirkan oleh-oleh untuk sanak saudara sampai tetangga. Karena, oleh-oleh itu bisa didapatkan semuanya di Pasar Bong, mungkin yang dikecualikan hanya oleh-oleh air zam-zam. Namun untuk urusan busana Muslim, sarung, berbagai macam kain, tasbih, kitab suci Al Qur'an, kerudung, kurma semua lengkap di Pasar Bong. Tinggal mencocokkan sesuai selera pembeli. Umi Sakinah lantas menunjukkan berbagai barang jualannya. Ternyata benar, semua perlengkapan umroh, haji, hingga souvenir lengkap adanya. Umi seraya merayu saya untuk membeli daganganya. Umi lantas mewakili keluh kesah pedagang di Pasar Bong selama pandemi. Omzet mereka, turun drastis. Penyebabnya satu, keberangkatan umroh dan haji yang selama dua tahun ini disetop oleh pemerintah Indonesia. Dengan wajah yang tampak lelah, Umi berharap dengan kondisi Tulungagung PPKM Level 1, denyut Pasar Bong kembali berirama. Setelah mendengar keluh kesahnya, detikJatim kembali masuk lebih dalam ke Pasar Bong. Ternyata benar, nuansa pasar tradisional di sini begitu kuat. Jalanan setapak yang kita lalui memang menunjukkan, betapa lamanya pasar ini berdiri. Yang lebih mengejutkan, ternyata sebelum menjadi Pasar Bong, tanah di pasar ini sebelumnya merupakan bekas makam Cina. Namun, suasananya tentu tidak mencekam. Jika masuk Pasar Bong, Anda justru bahagia karena melihat pernak-pernik haji yang menggoda di mata. Pasar Bong sendiri setiap hari buka mulai pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB sampai sore hari sekitar pukul 16.00 WIB. Mampirlah ke Pasar Bong, karena selain cuci mata, bisa membuat ketentraman hati dengan pernak-pernik khas Islam. Artikel ini telah tayang di detikJatim.

Bongpay Marmer
Bongpay Marmer 

Tulungagung - Suasana Jalan Campurdarat begitu ramai. Hilir mudik puluhan kuli panggul silih berganti memenuhi sisi jalan. Di sudut pertigaan antara Jalan Slompretan dan Jalan Kopi, tampak keluar masuk para pekerja yang didominasi pemanggul kain tekstile dan lainnya. Ternyata, di sudut pertigaan itu terdapat sebuah pasar, namanya Pasar Bong. Tentu kaum millenial cukup asing mendengarnya. Tapi tidak bagi mereka kaum kolonial alias sudah di atas 50 tahun. Pasar Bong tentu membekas di ingatan mereka. Pasar Bong berada di Jalan Slompretan. Tempatnya persis di pertigaan Jalan antara Jalan Slompretan dan Jalan Kopi. Di pintu masuk Pasar Bong, berdiri kokoh Gapura yang bertuliskan Balai RW I Kembang Jempun yang dipadu dengan sebuah gapura buatan dari sebuah sponsor yang bertuliskan Pasar Bong. Masuk ke dalam, serasa melewati lorong sepanjang 40 meter. Di dalamnya, terdapat puluhan kios yang menyajikan barang jualannya. Di Pasar Bong ini, merupakan surga bagi calon jemaah haji untuk membeli pernak-pernik hingga oleh-oleh haji.

Inilah awal dari tercinptanya Sunrise Mansion. Sunrise Mansion berada di Lokasi terdepan dari garden of Creation. Dengan kontur yang tinggi, memiliki pemandangan yang terbuka ke Arah bangunan megah Breath of Life, selain itu sangat dekat dengan fasilitas Family Center Chapel Square. Sebagai penanda Mansion Sunrise terdapat bangunan Megah Coloseum yang terletak di tengah menengadah ke langit terbuka menangkap sinar kemuliaan Tuhan yang Luar Biasa indahnya. Mansion ini memiliki Konsep yang lapang terbukadengan hamparan Rumput hijau dan akses yang mudah dari berbagai Arah dengan Fasilitas parkir yang Luas, memudahkan Keluarga untuk berziarah dan berdoa. Willow dikenal sebagai tanaman yang mampu tumbuh dengan subur dan memiliki akar yang kuat, direfleksikan dengan konsep Mansion yang terbagi dengan garis simetris dan lugas, juga dialiri sungai yang kecil yang memberikan kesejukan serta suasana taman yang nyaman dengan akses langsung dari jalan mobil. Dengan view menghadap ke Danau Chinese dan bersandar pada bukit rumput yang hijau, serta terletak di salah satu lokasi tertinggi, mansion Willow ini menghadirkan produk yang tertata rapi dan memiliki nilai terdepan.

Bongpay Granite-Nisan Perjamuan Tionghua
Bongpay Granite-Nisan Perjamuan Tionghua

Wisdom Mansion dibangun dan dirancang dengan konsep yang dalam, berangkat dari kata Pengetahuan (Wisdom). Pengetahuan atau Wisdom merupakan syarat pertama dari ketujuh syarat Shahada (Al-llm) yang artinya pengetahuan. Sesuai dengan konsepnya sebuah lahan hijau yang luas, memiliki karakteristik kontur lahan dan posisi lapang yang berbeda dibandingkan degan mansion lainnya, menjadikan Wisdom Mansion pilihan tepat dan indah untuk Anda. Sebuah tempat dimana Anda akan dibuai keindahan aliran sungai dengan suara airnya dan sebuah mushola yang indah berdiri kokoh menyertai mansion ini. Sebuah atmosfer yang akan memberikan inspirasi kepada kita akan berkat Tuhan yang berarti kepada umat-Nya, yaitu pengetahuan. Ditengah modernisasi sebagian masyarakat Tionghoa masih memegang teguh jati diri budaya Cina. Inilah nuansapemakaman khas Cina Bongpay Island, kombinasi nilai budaya dan kekinian. Apik dan tertata Rapi didesain dengan gaya modern dan elegan di Area Eksklusif nan indah dengan pemandangan yang asri menghadap ke Nine Virtues. Serenity merupakan salah satu bagian dari Garden Faith, Hope and Love yang menceritakan perjalanan martir Tuhan. Martir Tuhan adalah seseorang yang dipenuhi oleh ROh Kudus untuk mengabarkan Injil Tuhan dan membawa orang kepada keselamatan yang kekal di dalam Tuhan.

Kejadian 1:7-8 : Maka Allah menjadikan cakrawala dan ia memisahkan air yang ada dibawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. Dan jadilah demikian. Lalu Allah menamai cakrawala itu langit. Allah menciptakan cakrawala pada hari kedua sebagai batas antara kebesaran-Nya dan ciptaan-Nya. Cakrawala merupakan tempat bagi benda-benda penerang baik di saat siang maupun malam. Suatu konsep di mana langit menceritakan kemuliaan Allah dan cakrawala memberitakan dengan lantang bahwa Allah itu ada ditampilkan di tempat ini. Sky Lawn Mansion terletak di hamparan bukit yang tinggi dan indah. Di tempat ini terdapat creek luas yang menghadirkan suatu batasan cakrawala antara daratan dengan hamparan langit. Dan saat kita memasuki mansion ini, secara tidak langsung kita diajak memandang ke langit untuk menyadari kebesaran Tuhan yang memberikan kehidupan. Langit menceritakan kemuliaan Allah dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya; hari meneruskan berita itu kepada hari, dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam.” (Mazmur 19:2-3) Betapa dahsyatnya kemuliaan Allah atas seluruh ciptaan-Nya.

Pengaturan-Nya atas semesta dan hukum-Nya begitu sempurna. Dialah Allah Sang Pencipta yang Maha Kuasa, Alfa dan Omega, Penguasa “Sovereign” atas alam semesta dan semua yang ada di dalamnya. Mansion ini terletak di salah satu bukit tertinggi dengan pemandangan 360 derajat yang memungkinkan menikmati keindahan dari segala arah, seperti Lake Angeles, Chapel Square, dan Heroes Plaza. Rasakan kebesaran dan kekuasaan Allah yang luar biasa dari bukit Sovereignty ini. Apalagi mansion ini memiliki desain unik di setiap kavlingnya. Kej 1:14-16) Rangkaian kisah penciptaan dalam Garden of Creation mengingatkan kita bahwa semua ciptaanNya dipandang baik. Mansion Star Light hadir berdampingan dengan mansion-mansion sebelumnya yang memiliki lokasi unggulan, dekat dengan fasilitas keluarga dan juga posisinya yang tinggi memiliki pandangan yang luas, mansion ini terhampar begitu indah. Inilah bagian dari kisah penciptaan dari hari keempat. Kej 1:16) Allah melihat bahwa semuanya itu baik, segala yang diciptakannya memiliki maksud dan tujuan yang baik. Untuk memisahkan Siang dan Malam, ia menciptakan benda-benda penerang pada cakrawala.

JENIS PRODUK MAKAM PERJAMUAN TIONGHUA

Pada makam jenis ini disamping badan makam dibuat gambar perjamuan kudus, sehingga makam jenis ini disebut dengan kijing makam perjamuan. Untuk harga memang relatif mahal dibandingkan kijing makam yang lain karena memang bahan yang dibutuhkan juga banyak dan relatif sulit dalam pembuatannya. Meskipun begitu, banyak juga consumen yang menginginkan makam jenis ini dan biasanya request model ataupun tambahan kerajinan lain di makam ini. Untuk pengiriman akan dipastikan aman sampai di lokasi karena di UD. Bintang Antik Sejahtera Tulungagung menggunakan packing kayu. Customer tidak perlu takut bila barang rusak ketika pengiriman karena UD. Bintang Antik Sejahtera memberikan garansi barang tetap aman sampai ke lokasi tujuan. Kijing kuburan kristen model eropa ini juga cukup diminati karena terkesan mewah. Bahan yang digunakan yaitu marmer, onyx dan granit blacknero atau bisa juga dimix antara granit dan juga onyx, tergantung konsumen. Untuk model dan ukuran dari makam ini yaitu tergantung dari keinginan konsumen. Umumnya makam ini terdiri dari 1 atau 2 trap yang kemudian untuk nisannya ada yang berupa nisan salib, nisan kristen marmer dan lain-lain.




APRELLIA DEWI
(WA) 085655553096 – 081235287116
Email : bastamarmer@gmail.com
Jl. Kanigoro NO. 40A Ds. Campurjanggrang Kec. Campurdarat Kab. Tulungagung Jawa Timur