Hasil Kerajinan Marmernya Pun Beragam

 Hasil Kerajinan Marmernya Pun Beragam


Sejarah adanya kerajinan marmer Tulungagung ini bermula dari ditemukannya lokasi penambangan marmer oleh pemerintah Hindia-Belanda pada tahun 1934 di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Tulungagung. Lalu, di tahun yang sama pula pemerintah Hindia-Belanda mendirikan perusahaan negara untuk mengelola pertambangan marmer Tulungagung tersebut. Setelah kemerdekaan, pertambangan marmer ini diambil alih pemerintah RI. Pengolahan batu marmer di pertambangan marmer ini telah dikerjakan oleh warga Tulungaggung selatan sejak tahun 1972 yang lalu. Keahlian mengolah batu marmer ini pun telah menyebar ke daerah lain dan berkembang dengan baik. 

Hasil Kerajinan Marmernya Pun Beragam
Hasil Kerajinan Marmernya Pun Beragam

Hasil Kerajinan Marmernya Pun Beragam
Hasil Kerajinan Marmernya Pun Beragam



Tak hanya di desa Besole, tapi sampai di Campurdarat hingga Wajak. Selain pertambangannya yang menghidupkan perekonomian masyarakat, limbah marmer juga menjadi berkah bagi warga sekitar. Limbah marmer tersebut dapat diolah menjadi kerajinan traso, yakni remah-remah marmer sisa pemolesan. Profesionalitas pengerjaan kerajinan marmer Tulungagung inilah yang membuat warga sangat terkenal baik dalam hal eksplorasi maupun penguasaan teknologi pengolahan batu-batuan yang terkenal. Termasuk dalam kelompok bahan galian industri, batu marmer sering disebut juga sebagai batu pualam.

Mengenal Sejarah Dan Jenis-Jenis Marmer Tulungagung - Tulungagung memang sudah lama terkenal dengan industri marmernya. Industri yang sudah ada sejak jaman Belanda ini memang berkembang dengan baik. Sebab, daerah Tulungagung, tepatnya di Desa Besole Kecamatan Besuki, menurut penelitian, daerah ini kaya akan kandungan batuan marmernya yang sangat besar dengan kualitas yang baik untuk digunakan sebagai material bahan kerajinan marmer dan bahan bangunan. Maka, tak salah bila marmer Tulungagung sangat terkenal, tak hanya dalam lingkup lokal di daerah Jawa Timur saja melainkan sudah go internasional. Tulungagung memang terkenal sebagai penghasil kerajinan marmer. 

Materialnya pun mudah ditemukan di wilayah perbukitan selatan Tulungagung. Keunggulan yang dimiliki oleh kerajinan marmer Tulungagung adalah kehalusan dan detail yang dibuat oleh para perajinnya sehingga membuat marmer Tulungagung memiliki daya saing tinggi. Hasil kerajinan marmernya pun beragam, diantaranya yaitu berbentuk patung, teko, toples, guci, asbak, gelas, pot, dan beragam pernak-pernik lainnya. Untuk perabotan rumah tangga yang lebih besar pun tersedia, seperti meja, kursi, wastafel, bak mandi, lantai, serta ornamen bangunan lainnya.

Marmer ini sebenarnya merupakan batuan yang berasal dari batu gamping (dolomite) yang telah mengalami proses tekanan dan temperatur dalam waktu yang lama. Prosesnya mulai dari perubahan batu kapur menjadi batu pualam atau batu marmer, yang kemudian dipengaruhi oleh temperatur dan tekanan dari gaya endogen sehingga terjadi pengkristalan ulang batu kapur. Proses perubahan tersebut dapat berlangsung hingga 60 juta tahun lamanya, bahkan lebih dan hanya terjadi di area tertentu. Marmer memiliki ciri kompak, padat, tanpa perlapisan, dan menunjukkan adanya proses rekristalisasi. Sedangkan, mineral tambahan yang dimilikinya adalah kuarsa, amphibol, pirit, piroksen, hematit, talk, klorit, dan grafit. Mineral-mineral tersebut memberikan pola warna yang sangat beragam pada batuan marmer. Contohnya marmer kalsit murni yang berwarna putih, dengan adanya mineral grafit memberikannya warna merah muda. • Marmer onyx; batuan marmer kalsit kristalian yang terbentuk dari larutan air dingin dan umumnya dijumpai di gua-gua batuan gamping. • Marmer verde-antik; batuan serpentin masif yang dipotong oleh urat-urat kuarsa. Marmer yang ada di alam memiliki beragam warnanya. 

Ada yang berwarna putih, abu-abu, hitam, merah, dan juga crem. Belakangan, batuan marmer tidak hanya dipergunakan dalam bentuk lempengan yang digosok atau dipoles menjadi mengkilat, tetapi dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi suatu kerajinan tangan. Misalnya menjadi meja, tempat rokok, tempat cuci tangan, kijing makam, dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwa industri kerajinan marmer termasuk kategori barang mewah. Sebab, untuk membuat sebuah kerajinan marmer Tulungagung harus melewati proses yang panjang. Dengan pengerjaan yang professional dan hasil barang kerajinan yang bagus berkualitas maka tak salah jika kerajinan marmer memiliki harga jual yang tinggi. Jadi, bila anda ingin memberikan sedikit sentuhan mewah di rumah melalui perabotan berbahan marmer, anda bisa menghubungi perusahaan kerajinan marmer Tulungagung.

Cepuk Marmer yang unik, cantik serta memiliki bahan yang berkwalitas hanya di UD.Bintang Antik Sejahtera. UD.Bintang Antik Sejahtera merupakan pabrik yang menangani semua kerajinan yang terbuat dari bahan batu serta memiliki katalog terlengkap. Maka dari itu untuk kebutuhan indoor maupun outdoor percayakan saja kepada kami. Cepuk marmer yang satu ini terbuat dari bahan batu marmer jenis kawi agung yang memiliki warna putih ke arah krem. 

Bahan batu tersebut merupakan bahan batu unggulan kami yang merupakan bahan baku untuk membuat kerajinan. Wih bahannya berkwalitas pengerjaan pun juga maksimal sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan. Kerajinan yang satu ini sering di gunakan untuk tempat perhiasan maupun barang mahal lainnya. Alamat kami di Jl. Kanigoro GG 4 No 35 Blumbang Campurdarat Tulungagung Jawa Timur . Dan jika anda jalan - jalan ke Tulungagung jangan lupa mampir di gallery kami ya. Di gallery kami tersedia kerajinan unik dan souvenir untuk oleh - oleh khas kerajinan Tulungagung. 

Harga mumer kwalitas bagus hanya disini tempatnya. Oleh - oleh kerajinan Tulungagung untuk kerabat maupun saudara tentu akan senang apabila di bawakan kerajinan tersebut. Selain mewah juga bermanfaat untuk pribadi maupun untuk hiasan rumah. đź’˘Dilayani oleh 15 Customer Service yang ramah dan Cantik… đź’˘ Garansi nyampek tempat utuh/ pecah diganti penuh. đź’˘Layanan Ramah dan penuh Advice yang membantu. Kami juga melayani reseller dan dropship, bagi anda yang ingin bergabung dengan kami akan kami layani dengan senang hati. Pelayananan kami secara online dan offline yang aman, murah dan terpercaya. Dengan pengiriman keseluruh wilayah Indonesia dengan jaminan utuh sampai tempat.

Karena kami UD Bintang Antik Sejahtera merupakan layanan On-line maupun Off-line yang siap mengirim kan pesanan anda sampai tempat, khusus nya seluruh Indonesia. Meja Batu Onyx Meja merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga yang harus kita miliki tentu nya. Meja merupakan kebutuhan sehari - hari selain untuk mempercantik ruangan juga untuk meletakan benda - benda untuk kebutuhan sehari - hari agar rapi. Namun kali ini sedikit ber beda dengan meja yang pernah anda ketahui , meja yang akan kami posting yaitu ber bahan batu alam. Batu alam memang lah mempunyai harga jual yang tinggi karena kealamian nya. 

Tidak hanya itu saja batu alam juga mempunyai ke unggulan ter sendiri yaitu kewaetan dan tekstur yang alam sehingga menghasilkan kesan yang dingin. Banyak sekali jenis batuan yang dapat di buat sebagai meja tamu, meja makan, maupun meja taman. Meja dapat di buat oleh pengrajin yang sudah ahli dalam pembuatan batuan alam , jenis batu alam yang kami buat untuk meja tamu ini adalah jenis Batu Onyx, batu onyx memang mempunyai harga jual yang lumayan tinggi di banding dengan batu marmer , karena batu onyx ini mempunyai keunggulan yang ber beda dengan jenis batuan yang lain yaitu dapat tembus cahaya.

Yang di tangani khusus oleh teknisi - teknisi kami. Selamat berbelanja dengan kami mumpung harga masih promo segera saja di pinang bos . Jl. Kanigoro GG 4 N0 35 Blumbang Campurdarat Tulungagung Jawa Timur. Meja tamu marmer oval ini merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga untuk perlengkapan rumah anda, seperti meja tamu maupun meja makan namun tidak ada salah nya jika membeli perlengkapan rumah tangga dengan kuwalitas yang bagus bukan? Nahh salah satu nya yaitu meja tamu marmer oval yang satu ini, Merupakan hasil buatan pengrajin handal dengan menggunakan bahan super yaitu batu alam murni ber jenis marmer B1 , Yaitu marmer unggulan di Tulungagung ( kota marmer ) Sehingga mendukung hasil yang maksimal . Meja tamu marmer oval ini merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga untuk perlengkapan rumah anda, seperti meja tamu maupun meja makan namun tidak ada salah nya jika membeli perlengkapan rumah tangga dengan kuwalitas yang bagus bukan?

Berikut adalah salah satu kerajinan marmer berbahan batu alam yaitu jenis batu marmer , Produk yang kami buat kali ini adalah meja marmer yang di gunakan untuk keluarga , kali ini model meja yang di buat berbeda yaitu model kotak. Model meja per segi panjang ini sengaja di buat untuk makan bersama keluarga besar jadi tempat yang di pakai muat banyak, meja marmer berikut ini adalah salah satu pesanan customer yang menyukai produk - produk batu alam murni salah satu nya yaitu batu marmer, karena memang terkesan alami dan tentu nya mewah. 

Tidak hanya itu saja memakai produk batu marmer untuk meja makan ini tentu nya sangat awet karena untuk pengerjaan kami juga mengutamakan kuwalitas barang , untuk bahan marmer kami memilihkan bahan marmer yang terbaik, selain itu pengerjaan pun juga di kerjakan oleh pengrajin andalan Tulungagung yang sudah mahir dalam pembuatan Meja Makan Marmer Kotak ini. Dan Bintang Antik Sejahtera juga melayani pembuatan semua kerajinan berbahan batu alam seperti meja marmer, lantai marmer, kijing makam marmer, wastafel marmer, prasasti papan nama, dan sebagainya.



APRELLIA DEWI
(WA) 085655553096 – 081235287116
Email : bastamarmer@gmail.com
Jl. Kanigoro NO. 40A Ds. Campurjanggrang Kec. Campurdarat Kab. Tulungagung Jawa Timur