Desain Produk Kerajinan Batu Marmer

 Desain Produk Kerajinan Batu Marmer

Untuk memperoleh keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi data. Lokasi penelitian terletak di rumah industri Suwarni dusun Kauman desa Campurdarat kecamatan Campurdarat kabupaten Tulungagung Jawa Timur dengan subyek pemilik rumah industri Suwarni yaitu Bapak Suwarni beserta karyawannya. Melalui penelitian ini diperoleh data sebagai berikut 1) Proses pembuatan kerajinan batu marmer. Teknik pengolahan bahan. Teknik pengolahan bahan meliputi alat dan bahan. Alat yang digunakan antara lain penggaris penggaris siku meteran amplas/kertas gosok palu besi kuas skrap spidol. Sedangkan bahan yang digunakan antara lain batu marmer batu onyx obat poles resin milk katalis. Teknik pembentukan bahan. Teknik ini meliputi dua macam yaitu bubut dan skrap. 

Desain Produk Kerajinan Batu Marmer
Desain Produk Kerajinan Batu Marmer

Desain Produk Kerajinan Batu Marmer
Desain Produk Kerajinan Batu Marmer

Desain Produk Kerajinan Batu Marmer
Desain Produk Kerajinan Batu Marmer



Pada teknik bubut meliputi mesin bubut dan mesin poles. Sedangkan teknik skrap meliputi mesin poles mesin gergaji dan mesin gerinda. Finishing. Proses finishing meliputi dua tahap yaitu penghalusan produk batu marmer dengan menggunakan amplas/ kertas gosok dan penggalusan produk batu marmer dengan menggunakan mesin gerinda/ mesin penghalus. 2) Desain produk kerajinan batu marmer. Estetik praktis/fungsi praktis dengan bentuk silindris kubistis dan non geometris. Esterik non praktis/ fungsi hias dengan bentuk flora fauna dan geometris. Unsur dan prinsip desain. Unsur desain terdiri dari warna bentuk tekstur dan ruang. Sedangkan prinsip desain terdiri dari irama/ritme kesatuan dominan keseimbangan dan proporsi.

Ariyanti, Lazohra Khiolida (2016) Studi tentang desain kerajinan batu marmer di rumah industri "Suwarni" Campurdarat Tulungagung / Lazohra Khiolida Ariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. ABSTRAK Ariyanti Lazohra Kholida. 2016. Studi Tentang Desain Kerajinan Batu Marmer di rumah Industri Suwarni Campurdarat Tulungagung. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ponimin. Kata Kunci Desain kerajinan Batu Marmer kerajinan batu marmer Tulungagung Kerajinan batu marmer merupakan kerajinan industri unggulan Kabupaten Tulungagung. 

Perkembangan kerajinan tersebut dapat dilihat dengan bermunculan rumah industri kerajinan marmer di Campurdarat dan sekitarnnya salah satunya rumah industri di Campurdarat yakni Suwarni . Hasil produk kerajinannya cukup beragam. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan (1) Proses pembuatan kerajinan batu marmer (2) Desain produk kerajinan batu marmer. Penelitian ini tentang penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumplan data. Metode ini dilakukan dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari reduksi data sajian data dan penarikan kesimpulan.

Hal ini juga berlaku untuk serta pemesanan meja di restoran terkenal. Harga kamar di hotel ini mulai dari Rp 6,2 juta per malam. Desain hotel perancang dunia juga ada di Indonesia, tepatnya di Uluwatu, Bali. Di Bulgari Resort Bali, Anda dapat merasakan surganya para hedonis. Masing-masing villa memiliki kolam renang pribadi. Anda juga dapat tetap berada di hotel untuk merasakan kebudayaan Bali. Resor ini menampilkan koleksi barang antik dan karya seni Bali. Benda-benda di hotel ini didesain dan diproduksi oleh pera seniman lokal berkolaborasi dengan arsitek Bulgari. Tarif kamar di sini mulai Rp 9,7 juta per malam. Bulgari Hotel London menyeimbangkan arsitektur perak ramping dengan pahatan marmer. Tirai kamarnya terbuat dari sutra Italia dan memiliki desain rumit. Hotel ini mengklaim bahwa kamar mereka adalah yang terluas di Kota London. Harga di kamar ini mulai dari Rp 7,6 juta. Hotel ikon bertemu dengan ikon desainer di kawasan fashion Kota London. Hotel ini dirancang oleh desainer Diane von Furstenberg.

Dubai - Tidur di kamar hotel rancangan desainer kelas dunia sekarang bukan menjadi khayalan lagi. 8 Hotel di berbagai negara ini dirancang oleh desainer seperti Armani, Dior, Bulgari, dan Versace. Meski hotel mewah ini berada di bawah jangkauan sebagian besar traveler, hotel fashion bermerk dan mewah adalah bisnis besar. Mereka telah mendapatkan pujian atas pelayanan kelas satu dan rancangannya. Armani Hotel Dubai memiliki 11 lantai di gedung Burj Khalifa. Dengan 7 restoran, spa dan 8 jenis kamar mewah, ini merupakan bangunan hotel di gudung tertinggi di dunia. Hotel ini menjunjung tinggi reputasi Armani. Sentuhan karya Armani terasa mulai dari kamar mandi, hingga gym. Tarif kamar di hotel ini mulai dari Rp 5,3 juta per malam. Armani Hotel Milano terletak di Milan, Italia. Hotel ini dirancang dengan kemewahan seperti yang di Dubai. Untuk tamu kelas Presidential Suite, mereka memiliki bar cocktail sendiri dengan pelayanan penuh. Sesuai permintaan Anda, mereka juga menyediakan kursi terbaik untuk pertunjukkan teater dan opera.

Ruangan menampilkan foto-foto yang diambil oleh Diane von Furstenberg selama perjalanannya ke Eropa, Asia, Afrika dan Timur Tengah. Tarif per malam untuk sewa kamar di hotel ini adalah Rp 96 juta. Hotel Missoni di Salmiya, Kuwait ini merupakan hotel fashion bermerk dengan harga terjangkau. Namun harga yang terjangkau bukan berarti menurunkan kualitas. Perpaduan emas, warna toska dan gaya mosaik pada hotel ini mencerminkan gurun dan laut Kuwait. Layanan terkemuka juga terdapat pada valet gratis dan penjemputan di bandara. Tarif per malam pada hotel ini mulai dari Rp 2,1 juta. Hotel Palazzo Versace Dubai akan melakukan dibuka di tahun 2014 di Culture Village, Dubai. Pembukaan ini akan membawa sebuah oase tradisi dunia lama ke kota berkelas di dunia baru. Detil emas akan ditampilkan pada langit-langit hotel. 

Desain hotel ini menggabungkan gaya istana Eropa klasik dengan unsur-unsur Arab. Motif seperti bentuk kunci Yunani dan kepala Medusa digunakan pada seluruh furnitur, lantai dan kain. Sebanyak 214 kamar akan ditata dengan rancangan furnitur Donnatella Versace. Hotel Palazzo Versace mencerminkan lingkungan yang menginspirasi Gianni Versace ketika ia mendirikan rumah mode pada tahun 1978. Hotel yang berada di Main Beach, Australia ini didekorasi dengan mosaik kerajinan tangan dan gaya Yunani-Romawi. Untuk menyenangkan tamu, hotel pertama fashion bermerek dunia ini meluncurkan Fashionista High Tea di bar lobi. Rancangannya menggabungkan tren, warna dan desain yang terinspirasi oleh koleksi terbaru Versace. Sebuah lampu gantung antik yang pernah menyinari ruangan State Library of Milan digantung berkilau detil emas pada langit-langit kubah hotel ini. Harga kamar di Palazzo Versace Queensland ini Rp 3,4 juta per malam.

Raj Ghat merupakan lokasi kremasi Gandhi pada 21 Januari 1948 silam. Setiap Jumat yang merupakan hari kematian Gandhi, dinyanyikan doa-doa. Ditempat ini kita bisa menghayati perjuangan yang dilakukan Gandhi. Filosofi Gandhi juga diproyeksikan dalam gambar, patung, hingga foto. Raj Ghat buka dari pukul 06.00-18.00 dan bebas biaya masuk. Raj Ghat terletak 3 km di sisi selatan Red Fort, kamu bisa naik bajaj dari Red Fort jika malas berjalan kaki. Tidak cuma Chandni Chowk yang menyimpan sejarah kejayaan Delhi, Janpath Market juga bisa jadi opsi lain. Berbeda dengan pertokoan di Connaught Place di dekat pasar, barang di Janpath Market lebih murah dan unik. Banyak juga wisman maupun masyarakat lokal yang belanja di Janpath Market. 

Terlebih lagi, pasar ini tidak seramai di Chandni Chowk. Barang utama yang menjadi incaran di sini adalah pashmina buatan Kashmir. Janpath Market juga makin seru menjelang malam. New Delhi punya salah satu landmark unik yang bernama Jantar Mantar. Jantar Mantar merupakan sebuah alat astronomi yang dibangun pada tahun 1724. Bentuknya sendiri terkesan unik dan tak lazim. Cukup naik jalan kaki dari Janpath Market sekitar 400 meter, sampailah kita di Jantar Mantar. Selain di New Delhi, Jantar Mantar juga dapat dijumpai di Jaipur, Rajashtan. Walaupun sudah tidak berfungsi seperti sedia kala, Jantar Mantar tetap menarik untuk dikunjungi. Kalau Prancis punya Arc de Triomphe, maka India punya India Gate. India Gate sendiri merupakan monumen nasional India yang didesain oleh Edward Lutynes untuk mengingat 90.000 tentara India yang tewas membantu Inggris pada Perang Dunia I. Landmark India ini sangat bagus dikunjungi sore sampai malam ketika lampu menyala. Bagaimana? Kepincut dengan Delhi di India?

New Delhi - Delhi telah menjadi pusat perekonomian dan budaya di India sejak dulu hingga sekarang. Dinamikanya pun bisa dilihat lewat sejumlah destinasi wisata di Delhi ini. Dikenal sebagai kota terpadat kedua di India setelah Mumbai, Delhi atau yang dikenal sebagai New Delhi kini juga menyimpan banyak kisah menarik. Faktanya, perjalanan India pun tak bisa dilepaskan dari peran serta Delhi. Mundur ke abad ke-6, Delhi telah dihuni dan menjadi pusat pemerintahan sekelas negara India saat ini. Keberadaan Delhi pun tak lepas dari kisah Kesultanan Delhi hingga penaklukan Raja-raja. Terlepas dari kisah di masa lalu, kini Delhi pun memiliki New Delhi yang jadi wajah barunya. Adapun dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Senin (2/12/2019), ada sejumlah destinasi di sana untuk traveler yang mau napak tilas. Destinasi pertama adalah Pasar Chandni Chowk yang terletak di Old Delhi atau kawasan kota tuanya Delhi. Seperti diketahui, pasar menjadi tempat pertemuan dan interaksi serta wajah dari sebuah budaya yang dalam hal ini adalah Delhi.



APRELLIA DEWI
(WA) 085655553096 – 081235287116
Email : bastamarmer@gmail.com
Jl. Kanigoro NO. 40A Ds. Campurjanggrang Kec. Campurdarat Kab. Tulungagung Jawa Timur